Kepemimpinan Dari Perspektif Islam

0
77

CATATAN MAHASISWA

MANAJEMEN ISLAM (BSA 101)

Oleh:

INDRI HENDAYANTI (SPRING 2018)

KEPEMIMPINAN DARI PERSPEKTIF ISLAM

Konsep kepemimpinan Islam bisa kita melihat contoh terbaik dari Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Kita bisa melihat dari sirah Nabawi bagaimana model kepemimpinan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَرْسَلَ رَسُولَهُۥ بِٱلْهُدَىٰ وَدِينِ ٱلْحَقِّ لِيُظْهِرَهُۥ عَلَى ٱلدِّينِ كُلِّهِۦ وَلَوْ كَرِهَ ٱلْمُشْرِكُونَ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.” (Q.S. At Taubah: 33)

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَرْسَلَ رَسُولَهُۥ بِٱلْهُدَىٰ وَدِينِ ٱلْحَقِّ لِيُظْهِرَهُۥ عَلَى ٱلدِّينِ كُلِّهِۦ وَلَوْ كَرِهَ ٱلْمُشْرِكُونَ

“Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci.” (Q.S. Ash Shaff: 09)

Kita bisa mengikuti bagaimana model kepemimpinan beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam dengan mengikuti sunnah dan sirahnya. Beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam mendapatkan kekuatan di Mekkah dan menjadi pemimpin dalam kelompok kecil kaum muslimin waktu itu di Mekkah. Kemudian bagaimana proses hijrah dari Mekkah ke Madinah dan mendirikan negara Islam dan menjadikan syariat Islam sebagai undang-undangnya.

Pada diri Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam terdapat beberapa kepemimpinan, yaitu sebagai Rasulullah, sebagai pimpinan sebuah pemerintahan Islam di Madinah dan juga menjadi panglima perang.

Dalam sirah beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam kita akan menemukan pelajaran penting dari sebuah konsep kepemimpinan dalam Islam. Bagaimana proses transformasi dari menjadi pemimpin sebuah kelompok kecil kemudian menjadi pemimpin sebuah pemerintahan Islam.

Hal ini bisa menjadi pegangan bagi kaum muslimin bagaimana persyaratan seorang pemimpin dalam Islam, siapa saja yang memenuhi klasifikasi sebagai pemimpin, bagaimana sikap atau karakter seseorang yang layak menjadi pemimpin dan bagaimana tugas dan kewajiban seorang pemimpin dalam Islam.

KUALITAS SEORANG PEMIMPIN MUSLIM

وَإِذِ ٱبْتَلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمَٰتٍ فَأَتَمَّهُنَّ ۖ قَالَ إِنِّى جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ قَالَ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۖ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى ٱلظَّٰلِمِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”. (Q.S. Al Baqarah: 1240

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (Q.S. Al Imran:159)

Dari sini kita melihat bagaimana kriteria seorang pemimpin Muslim, yaitu seorang pemimpin harus memiliki tauhid yang lurus dan kokoh, berilmu, bijaksana dan penuh hikmah, bertaqwa, adil,  ramah, berbelas kasih, pemberani, memaafkan, bermusyawarah dengan yang dipimpinnya, bisa memberikan solusi, kefasihan berbicara, self spirit, sabar.

***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here