Pengantar Panduan Kebangkitan Islam

0
99


Pengantar Panduan Kebangkitan Islam

Umat Muslim hari ini sedang mengalami kebangkitan yang diberkahi di segala aspek kehidupannya yakni, kebangkitan yang telah diusung oleh para pemuda Islam.

Akan tetapi kita mengetahui bahwa ada banyak permasalahan yang menghalangi perkembangan kebangkitan ini. Masalah-masalah ini kemudian mendorong beberapa ulama, dai dan penuntut ilmu untuk menetapkan pedoman yang harus ditaati dan diikuti oleh para pemuda Islam di era kebangkitan ini.

Tidak kita ragukan bahwa para musuh-musuh Islam telah mencoba berbagai upaya untuk menghentikan kebangkitan ini. Para musuh-musuh Islam tentu saja takut akan keberhasilan kebangkitan ini, karena mereka mengetahui jika kebangkitan Islam semakin menguat, menyebar dan berhasil mencapai tujuannya, ini pertanda kekalahan, jatuhnya dan berakhirnya kekuasaan mereka.

Apa yang dibutuhkan oleh para pemuda Muslim untuk mewujudkan kebangkitan Islam ini? Berikut adalah nasihat syaikh Muhammad bin Shaalih Al Utsaimin Rahimahullah yang dirangkum berdasar ceramah-ceramah dan tulisan-tulisan beliau.

  1. Para pemuda pengusung kebangkitan Islam ini harus menaati dua hal, yaitu Kitabullah, Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Inilah dua sumber ajaran Islam yang perlu mereka pegang dan mengambil jalan yang akan mereka ikuti dalam semua perkara.
  2. Para pemuda pemuda pengusung kebangkitan Islam harus mengikuti jalan yang benar sebagaimana jalan yang telah diikuti oleh suri teladan ummat manusia, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, sahabat beliau yang mulia dan generasi setelahnya serta orang-orang yang berpegang teguh pada jalan itu sampai hari ini.
  3. Para pemuda pengusung kebangkitan ini harus Bersatu, kekuatannya haruslah kekuatan persatuan karena perpecahan tidaklah membawa kebaikan bagi kebangkitan ini melainkan kebahagiaan bagi musuh-musuh Islam yang tersebar dari barat hingga timur.

Oleh karena itu hendaknya para dai dan penuntut ilmu untuk meninggalkan perpecahan, perselisihan dan pertentangan lalu berjuang dengan ketetapan untuk mencari kebenaran dan mengikutinya, sehingga mereka dapat bertemu pada satu titik. Perbedaan-perbedaan pendapat dalam perkara cabang fiqh atau dalam perkara ijtihad tidak boleh merusak citra dan kasih sayang di antara para pemuda pengusung kebangkitan Islam.

Dalam buku Panduan Kebangkitan Islam ini akan terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  1. Prinsip-prinsip penting dan pedoman untuk keberhasilan kebangkitan Islam.
  2. Sikap pertengahan dan sifat lemah lembut dalam mengajak orang lain Kembali kepada Islam.
  3. 145 pertanyaan dan jawaban yang berisikan secara pedoman untuk para da’I Islam secara umum dan secara khusus bagi para pemuda pengussung kebangkitan Islam hari ini.

Maraji’: Panduan Kebangkitan Islam oleh Syaikh Muhammad bin Shaalih Al Utsaimin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here