.
Salah satu jalan mengenalkan Allah (ma’rifatullah) kepada anak adalah melalui ciptaan-Nya.
.
Mentadaburi alam semesta dengan semua dinamika dan fenomenanya yang luar bisa maka kita mencoba memahamkan kepada anak-anak bahwa semua ini mustahil ada begitu saja kecuali pasti ada Penciptanya.
.
Belajar di alam menjadi salah satu wasilah belajar yang mengasyikan sekaligus waktu yang tepat untuk mendekatkan anak-anak kepada Sang Mahapencipta.
.
Memahamkan mereka bagaimana semua keindahan semesta bisa kita kagumi, maka lebih patut untuk kita lebih mengagumi Penciptanya.
.
Betapa banyak manusia berlomba-lomba mulai berkumpul untuk menyaksikan keindahan terbit atau terbenamnya matahari di suatu tempat, namun mereka meninggalkan ibadah kepada penciptanya.
.
.
وَٱللَّهُ خَلَقَ كُلَّ دَآبَّةٍ مِّن مَّآءٍ ۖ فَمِنْهُم مَّن يَمْشِى عَلَىٰ
بَطْنِهِۦ وَمِنْهُم مَّن يَمْشِى عَلَىٰ رِجْلَيْنِ وَمِنْهُم مَّن يَمْشِى عَلَىٰٓ أَرْبَعٍ ۚ يَخْلُقُ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ .
.
“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

[Q.S. An Nisaa’: 45].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here