💰 Literasi Keuangan 💰

0
141

Salah satu metode belajar yang efektif menurut kami adalah dengan berdagang. Dengan berdagang anak akan belajar langsung tentang matematika, akuntansi, adab muamalah, sosial, bahasa, dll.

Kelihatannya berdagang itu sederhana ya, tapi masyaallah banyak sekali kemampuan yang bisa anak dapatkan dari proses berdagang ini atau kami menyebutnya dengan literasi keuangan.

Business Financial Planner toko online kakak Khansa’

Literasi keuangan menurut beberapa pakar ekonomi bisa didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki untuk melakukan pengelolaan sumber daya keuangan secara efektif dan efisien demi memelihara kesejahteraan seumur hidup.

Di pandemi saat ini, literasi keuangan kemudian menjadi sangat dibutuhkan agar ekonomi keluarga tetap baik-baik saja atau justru mungkin bisa untuk menambah peluang penghasilan tambahan.

Alhamdulillaah, si kakak yang mulai magang di toko offline emaknya sampai kemudian memutuskan membuka toko online sendiri dengan omzet yang lumayan bisa menambah isi tabungannya dan sudah berpikir untuk menginvestasikan sebagiannya dalam bentuk Logam Mulia (surprise juga si kakak sudah berpikiran ke situ, masyaallah).

Kami dapat pelajaran bagaimana keuangan pribadi dan juga usaha itu walaupun masih kecil namun sebisa mungkin pencatatannya sudah mulai rapi.

Uang Planner Ummi
Uang Planner Al Khonsa Store

Kami masih menyukai model pencatatan manual (bukan dari aplikasi) dan menggunakan template dari @uangplanner yang dimodif beberapa modelnya supaya lebih sederhana untuk anak-anak memahami.

Semoga istiqamah untuk terus belajar menambah kemampuan berdagang kami dan Allah memberkahi setiap usaha ini. Aamiin. ^^

Ayyub As Sikhtiani rahimahullah berkata:

الزم سوقك فإنك لا تزال كريماً مالم تحتج إلى أحد“

“Konsistenlah pada usaha dagangmu, karena engkau akan tetap mulia selama tidak bergantung pada orang lain”.

Baarakallaahufiik yaa Bunayya. 🌹❤️

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here