Meretas Sejarah Para Nabi 📝

0
95

Siapa yang tidak suka mendengarkan kisah?.
Anak-anak sangat menyukai mendengarkan kisah, begitu pula mungkin kita orang tua menyukai mendengarkan dan juga berkisah.
.
Kita mengetahui bahkan dalam Alquran mengandung banyak kisah, di mana ayat-ayat yang menceritakan kisah lebih banyak daripada ayat-ayat tentang hukum.
.
Ini menjadi isyarat bahwa Alquran sangat perhatian dengan sejarah yang banyak sekali hikmah dan ibrah di dalamnya untuk dipikirkan dan diambil pelajaran bagi kita, manusia yang hidup setelahnya.
.
Penting untuk mengetahui dan mengajak anak memahami secara runut perjalanan para Nabi ‘Alaihimussalaam agar mendapatkan gambaran utuh tentang sejarah para nabi dan bagaimana mereka menghadapi kondisi kaumnya.
.
Dimulai dari diutusnya Nabi Nuh ‘Alaihissalaam ketika kesyirikan mulai merajalela di muka bumi. Kemudian Nabi Hud ‘Alaihissalaam dengan Kaum ‘Adnya, Nabi Shalih ‘Alaihissalaam dengan kaum Tsamudnya, Nabi Luth dengan kaum Sadumnya, Nabi Syu’aib dengan kaum Madyannya sampai pada Nabi Yaqub bin Ishaq bin Ibrahim ‘Alaihimussalaam yang menjadi awal mula leluhur kaum Bani Israil sampai diutusnya Nabi terakhir, Rasulullah Nabiyullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.
.
Memahamkan diri dan anak-anak tentang perjalanan sejarah ini akan membuat kita tersadarkan dan mendapatkan hujjah yang kuat bahwa ada satu ‘kaum’ yang sampai hari ini masih menjadi ujian bagi ummat manusia dan harus terus berhati-hati dan berbara’ dengannya, yaitu kaum Yahudi laknatullah ‘alaihim.
.


Dari sejarah, kita mengetahui bahwa kaum ini adalah kaum yang sering membangkang, kekufuran mereka terhadap perintah Allah ‘Azza wa Jalla sampai hari kiamat kelak, kekufuran mereka yang bukan saja berlebihan dalam menyikapi nabi mereka (Nabi Uzair ‘Alaihissalam) dan juga banyak menyakiti hingga membunuh para nabi yang Allah utus kepada mereka. Begitulah perangai kaum Yahudi yang telah dimurkai oleh Allah ‘Azza wa Jalla ini.
.
Berikut beberapa buku yang bisa menjadi referensi sejarah Nabi yang mudah dipahami oleh anak dan juga referensi tambahan bagi orang tua dan saya pribadi walau masih ada yang belum khatam dan menjadi PR untuk dibaca dan dipahami baik-baik termasuk sirah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam (referensi lain yang lebih bagus dan menarik untuk dibaca dan dikisahkan kepada anak juga mungkin masih banyak lagi ya, silakan bisa berbagi referensi ya.)
.

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا

“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang
paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik ….” [Al Ma’idah/5 : 82]
.

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرَاةِ وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَاءَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ قَالُوا هَٰذَا سِحْرٌ مُبِينٌ

“Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata:”Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku,yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku,yang namanya Ahmad (Muhammad) ‘Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti kebenaran,mereka berkata’ Ini adalah sihir yang nyata“. [Ash Shaff/61 :6]
.
Semoga Allah menjaga kita semua dari makar mereka dan hanya kepada Allah tempat kita memohon pertolongan. Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah. Hasbunallaah wa ni’mal wakiil. Wallahu ta’ala a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here